Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology

Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology - Hallo sobat blogger yang berbahagia Home of Technology, bertemu kembali dengan saya, Posting yang saya unggah pada kali ini adalah Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengantar Kecerdasan Buatan, Artikel programming, Artikel strawberry prolog, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih belajar. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology
link : Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology

Baca juga


Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology

Program prolog kali ini membahas tentang pembuatan menu dan timer. Pertama saya akan menjelaskan tentang menu dulu, dan seperti biasa , saya membagi program dalam beberapa blok agar mudah di baca ,berikut penjelasannya :


 Listing Program
Menu
?-
G_N := 10,
window(_,_,win_func(_),"Pertemuan 3",50,20,500,500).

win_func(init):-
menu(pop_up,_,_,menu_game(_),"&Menu"),
menu(pop_up,_,_,level(_),"&Level"),
menu(right,_,_,help_menu(_),"&Help").
win_func(paint):-
draw_bitmap(0,0,G_Background,_,_).

help_menu(press):-
shell_execute("help.txt").
menu_game(init):-
menu(normal,_,_,keluar(_),"&Keluar").
win_func(close):-
not(yes_no("exit","anda yakin mau keluar",?)).
keluar(press):-
close_window(_).  

Timer:
?-

G_N=6,
window(_,_,win_func(_),"Timer",200,100,400,300).

win_func(paint):-
     G_waktu is set_timer(_,1,time_func).

time_func(end):-
     (G_N=:=0->
          kill_timer(_,G_waktu),
          message("Pesan","Waktu Habis",!),
          close_window(_)
     else
          G_N<>=G_N-1),
          Angka is printq(G_N),
          text_out(185,120,Angka).






Penjelasan Program


Menu

?-
G_N := 10,
window(_,_,win_func(_),"Pertemuan 3",50,20,500,500).

Tanda ?- adalah sintak wajib yang harus di tulis saat menggunakan prolog. Sedangkan G_N adalah variable yang di beri nilai 10. Selanjutnya ada listing yang bergunakan menampilkan window. Dengan fungsi yan g bernam,a win_func(_) dan koordinatnya.

win_func(init):-
menu(pop_up,_,_,menu_game(_),"&Menu"),
menu(pop_up,_,_,level(_),"&Level"),
menu(right,_,_,help_menu(_),"&Help").

Nah fungsi win_func(_) yang tadi sudah di dklarasikan, akan memanggil atau menempatkan fungsi lain seperti menu , level dan help. Ada sedikit perbedaan dengan pop up dan right pada fungsi menu/level dan help. Perbedaan nya hanya pada letak jika help di letakkan pada sisi kanan dari windows.

win_func(paint):-
draw_bitmap(0,0,G_Background,_,_).

=Fungsi win_func berfungsi untuk menempatkan gambar yang berekstensi bmp. Dengan perintah draw_bitmap maka gambar di panggil.

help_menu(press):-
shell_execute("help.txt").

= perintah di atas berfungsi untuk memberi nilai pada fungsi help, jadi jika menu help di pilih maka akan menampilkan help.txt. yang akan terbuka pada text editor di computer anda.

menu_game(init):-
menu(normal,_,_,keluar(_),"&Keluar").

=menu_game ini di gunkan untk memanggi fungsi keluar.

win_func(close):-
not(yes_no("exit","anda yakin mau keluar",?)).

Namun sebelum keluar anda akan di Tanya , jika anda benar2 ingin keluar dari permainan. Akan muncul 2 button yaitu yes/no jika anda memilih yes maka akan keluar permainan. Jika tidak maka anda akan tetap di permainan.

keluar(press):-
close_window(_).
Seperti di jelaskan di atas jika anda memilih yes maka akan keliuar dengan memanggil fungsi close _windows


Timer
?-
G_N=6,
window(_,_,win_func(_),"Timer",200,100,400,300).

Tanda ?- adalah sintak wajib yang harus di tulis saat menggunakan prolog. Sedangkan G_N adalah variable yang di beri nilai 6. Selanjutnya ada listing yang bergunakan menampilkan window. Dengan fungsi yang bernama win_func(_) dan koordinatnya.


win_func(paint):-
     G_waktu is set_timer(_,1,time_func).

Lalu fungsi win_func yang tadi sudah di deklarasikan akan di beri nilai. Diatas terdapat perintah untuk mengatur fungsi time_func dengan memiliki interval 1 detik

time_func(end):-
     (G_N=:=0->
          kill_timer(_,G_waktu),
          message("Pesan","Waktu Habis",!),
          close_window(_)
     else
          G_N<>=G_N-1),
          Angka is printq(G_N),
          text_out(185,120,Angka).

Ada 2 percabangan yaitu ketika variable G_N sama dengan 0 maka timer akan berhenti dan muncul pesan �waktu habis� lalu menutup windows. Jika prenyataan pertama tidak memenuhi mak akan masuk ke percabangan ke 2 I mana variabke G_N akan terus berkurang 1 angka setiap detiknya. Ketika waktu berkurang nilai variable g_n akan di tampilkan pada koordinat yang sudah di tentukan.


Output

Menu

Pada program menu akan tampil 2 menu yang sudah di buat dengan listing program di atas. Yaitu menu dan exit. Jika kita klik menu exit maka akan muncul pesan berikut



Timer

Nilai G_N yang tadi di berikan akan terus berkurang hingga bernilai 0, Program Timer ketika waktu habis ( G_N = 0)










Demikianlah Artikel Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology

Sekianlah artikel Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology dengan alamat link https://homitech.blogspot.com/2014/08/menu-dan-timer-pada-strawberry-prolog.html

0 Response to "Menu dan Timer pada Strawberry Prolog, homitech | Home Of Technology "

Post a Comment