Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id

Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id - Hallo sobat blogger yang berbahagia Home of Technology, bertemu kembali dengan saya, Posting yang saya unggah pada kali ini adalah Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Informasi, Artikel pengetahuan, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih belajar. baiklah, selamat membaca.

Judul : Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id
link : Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id

Baca juga


Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id



Pengertian normalisasi :

Normalisasi adalah Teknik atau pendekatan yang digunakan dalam membangun disain database relasional melalui himpunan data dengan tingkat ketergantungan fungsional dan keterkaitan yang tinggi sehingga menghasilkan struktur tabel yang normal.

Tujuan normalisasi :
  • Minimalisasi redundansi (pengulangan data)
  • Memudahkan identifikasi entitas
  • Mencegah terjadinya anomali
Bentuk Normal 1NF :


1NF Suatu relasi dikatakan bentuk normal pertama, jika dan hanya jika setiapatribut bernilai tunggal untuk setiap baris. Tiap field hanya satu pengertian, bukanmerupakan kumpulan kata yang mempunyai arti mendua, hanya satu arti saja dan juga bukanlah pecahan kata � kata sehingga artinya lain. Tidak ada set atribut yangberulang-ulang atau atribut bernilai ganda.

First Normal Form (1NF) :
  • Suatu relasi disebut memenuhi bentuk normal pertama (1NF) jika dan hanya jika setiap atribut dari relasi tersebut hanya memiliki tunggal dan tidak ada pengulangan grup atribut dalam baris.
  • Bentuk 1NF tidak boleh mengandung grup atribut yang berulang.
  • Tujuan membentuk 1NF :
    • Semantik tabel menjadi lebih eksplisit (say anything once).
    • Semua operator aljabar relasional dapat diaplikasikan pada tabel.
Contoh Tabel yang belum ternormalisasi
 
NIPNamaJabatanKeahlianLama
001ManAnalisisAccess6 Tahun
Oracle3 Tahun
002RizalAnalisisMysql2 Tahun
Oracle4 Tahun
003HanifProgrammerC4 Tahun
VB5 Tahun
Java5 Tahun

Pada tabel di atas, contoh data belum ternormalisasi sehingga dapat diubah ke dalam bentuk 1NF dengan cara membuat setiap baris berisi kolom dengan jumlah yang sama dan setiap kolom hanya mengandung satu nilai.
NIPNamaJabatanKeahlianLama
001ManAnalisisAccess6 Tahun
001ManAnalisisOracle3 Tahun
002RizalAnalisisMysql2 Tahun
002RizalAnalisisOracle4 Tahun
003HanifProgrammerC4 Tahun
003HanifProgrammerVB5 Tahun
003HanifPogrammerJava5 Tahun

Relasi Pekerjaan tersebut merupakan bentuk 1 NF, karena tidak ada atribut yang bernilai ganda, dan tiap atribut satu pengertian yang bernilai tunggal.
Tabel 2NF dipembahasan selanjutnya.


Demikianlah Artikel Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id

Sekianlah artikel Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id dengan alamat link https://homitech.blogspot.com/2014/06/informasi-teknologi-contoh-tabel.html

0 Response to " Informasi Teknologi Contoh Tabel Normalisasi 1NF, homitech.blogspot.co.id "

Post a Comment